Cegah Penyakit Jantung Koroner, RSUD Tugurejo Persiapkan Layanan Cath Lab

SEMARANGJoglo Jateng – Pelayanan Cath Lab (kateterisasi jantung) sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan penyakit jantung koroner. Pasalnya, penyakit jantung koroner merupakan kasus yang cukup tinggi yang dapat berpotensi menyebabkan risiko kematian.

Oleh sebab itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo Semarang akan membuka pelayanan Cath Lab yang berada di Gedung Wijayakusuma lantai satu. Sampai saat ini, pihak rumah sakit masih dalam proses pengajuan ijin operasional.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Tugurejo dr. Imam Prihatin Nugroho mengungkapkan, tidak semua rumah sakit di Semarang membuka pelayanan tersebut. Untuk wilayah Semarang Barat baru rumah sakitnya yang akan membuka pelayanan Cathlab. Sehingga kateterisasi jantung merupakan program unggulan dari rumah sakit.

“Terakhir visitasi oleh Perki (Perhimpunan Dokter Kardiovaskuler Indonesia) kemarin Rabu (24/05). Rekomendasinya untuk pasien disediakan 6 tempat tidur, kami sudah ada empat (tempat tidur) dan ruangan sudah siap,” ujarnya kepada Joglo Jateng, Kamis (25/05/2023).

Sementara, pihaknya mengatakan, untuk kejadian penyakit jantung saat ini cukup banyak, karena adanya penyakit jantung koroner. Lantaran, gangguan penyakit jantung koroner ini akan ditemukan adanya sumbatan-sumbatan di pembuluh darah kapiler.

Lebih jauh, menurutnya, ketika terjadi sumbatan maka sangat mengancam jiwa dan berpotensi menyebabkan kematian. Sehingga diperlukan suatu langkah cepat, di antaranya dengan penatalaksanaan pemasangan kateterisasi jantung atau biasa disebut Cath Lab.

“Perlu adanya suatu tindakan atau pengobatan yang bertujuan untuk mencegah atau meminimalkan potensi risiko kematian yang disebabkan jantung koroner ini,” jelasnya.

Ia yang juga merupakan Dokter Spesialis Paru itu berharap, pihaknya bisa mendapatkan ijin operasional untuk melakukan kateterisasi jantung di RSUD Tugurejo. Sehingga kebutuhan pelayanan kesehatan jantung utamanya pemasangan kateterisasi di Semarang wilayah barat bisa terfasilitasi dengan baik.(ziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *